Kebiasaan Warga Mesir yang Menurut Kita Menggelikan

Yang Mesti Kita Tiru dari Orang Mesir

Orang Mesir dalam kesehariannya ketika bertemu temannya di jalan atau bahkan dari kejauhan jika itu tampak seperti temannya, maka akan ia panggil hanya untuk sekedar menyapa, memanggil namanya. Terlebih jika mereka berdekatan, mereka akan berpelukan layaknya teletubbies lalu cipika-cipiki tanda mereka menyayangi satu sama lain. Terlebih lagi di bulan suci Ramadhan ini, ketika hati tersucikan dari rasa iri dan dengki, terbayang bukan?

Di Indonesia mungkin hal semacam ini masih terbilang tabu, alih-alih nanti dikira perlakuan menyimpang. Begitu juga yang saya rasakan ketika baru mengetahui kebiasaan mereka. Setiap kali saya berangkat kuliah, saya mesti melakukan kebiasaan tersebut bersama teman-teman saya, dan itulah yang menambah rasa sayang satu sama lain sebagai saudara seiman.

Di Indonesia mungkin hanya di kalangan para kyai yang ketika bertemu akan menyapa mesra rekan kyainya.

Jika dipikir lagi, hubungan pertemanan mereka seperti anak kecil, terbayang bukan bagaimana masa kecil kita ketika kita bertemu dengan teman bermain kita? Namun sebenarnya sapa menyapa itu dianjurkan oleh agama, tidak memandang usia. Rasulullah saw bersabda:

أفشوا السلام بينكم

Dan juga alangkah lebih indahnya jika kita membumbuinya dengan senyuman:

تبسمك على وجه أخيك صدقة

Kebanyakan dari kita merasa gengsi ketika harus menyapa terlebih dahulu, jangankan ketika berjauhan, berdekatanpun suka pura-pura tidak tahu.

Masih banyak kebiasaan orang Mesir yang melekat dengan adab yang Islam ajarkan.
Semoga kita bisa menjadi termasuk dari mereka yang selalu berakhlak mulia. Amin.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *